ANALISIS FAKTOR EKSTERNAL DAN INTERNAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HAND SANITIZER DI MASA PANDEMI COVID-19
Main Article Content
Keywords
Consumer Behavior, Covid-19, Decision Making
Abstract
The purpose of this study is to find out what factors influence consumer decisions to buy hand sanitizer products during covid-19. This research was conducted on 100 people who made purchases of hand sanitizers. This research belongs to the type of descriptive research with survey method. The data in this study were obtained through observation and questionnaires. The data analysis technique in this study used Partial Least Square (PLS). Several tests were carried out including: descriptive statistical test, Measurement Model Test or Outer Model, and Structural Model Test or Inner Model. Based on the results of the study, it was found that external factors did not have a significant influence on purchasing decisions as indicated by a significance value of 0.233>0.05. while internal factors have a significant influence on purchasing decisions as indicated by a significance value of 0.000 <0.05. And the results obtained that simultaneously external factors and internal factors have an influence on purchasing decisions.
References
Agustina, E. (2019). Pengaruh Gaya Hidup dan Kelas Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Toko Phy Shop, Di Desa Bae Bendo, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus).
Ajiwibani, M. P., & Edwar, M. (2015). Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian. (Studi Pada Konsumen D’Goda Coffee Pazkul Sidoarjo). Unesa.
Apriyandani, H., Yulianto, E., & Sunarti. (2017). PENGARUH GAYA HIDUP DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya.
Bahari, A. F., & Ashoer, M. (2018). Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Ekowisata. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi. https://doi.org/10.24252/minds.v5i1.4839
Dewi, D. R., Magdalena, M., & Dhiana, P. (2015). Pengaruh Word of Mouth, Tingkat Pendapatan dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian yang Berdampak Pada Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Kasus pada Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang). Journal of Management.
Efendi, Y., Irawan, M. R. N., Attam, H. M., & Adlim, A. (2020). Analisis Faktor Internal Dan Faktor Eksternal Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Sebagai Pelanggan Tetap Di Toko Roti Athira Lamongan. Jurnal Sains Sosio Humaniora.
Fadhilah, A. (2015). Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas Dan Loyalitas Merek Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha V-Ixion. Jurnal Mix.
Farokhah, L., Ubaidillah, Y., & Yulianti, R. A. (2020). Penyuluhan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 Di Kelurahan Gandul Kecamatan Cinere Kota Depok. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.
Fredereca, B. G., & Chairy, C. (2010). Pengaruh Psikologi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kembali Smartphone Blackberry. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management. https://doi.org/10.20473/jmtt.v3i2.2397
Goldschlag, N., Kim, J. D., & Kristin, M. (2019). Perilaku Konsumen Di Era Digital. In Journal of Chemical Information and Modeling.
Hanum, Z., & Hidayat, S. (2017). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Sepatu Merek Nike Di Kota Medan. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 6(1), 37–43.
Haryani, D. S. (2019). PENGARUH PERSEPSI RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DI TANJUNGPINANG. JURNAL DIMENSI. https://doi.org/10.33373/dms.v8i2.2155
Haryati, T. A. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN HAND SANITIZER DETTOL SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA.
Hasan, A., Susanto, H., Kasim, M. F., Nuraini, N., Lestari, B., Triany, D., & Widyastuti, W. (2020). Superspreading in early transmissions of COVID-19 in Indonesia. Scientific Reports. https://doi.org/10.1038/s41598-020-79352-5
Hasan, H. (2018). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN YANG TERDIRI DARI FAKTOR BUDAYA, SOSIAL, KEPRIBADIAN DAN PSIKOLOGI DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MOTOR METIC DI KOTA BANJARMASIN. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis. https://doi.org/10.35972/jieb.v4i2.218
Hasöksüz, M., Kiliç, S., & Saraç, F. (2020). Coronaviruses and sars-cov-2. In Turkish Journal of Medical Sciences. https://doi.org/10.3906/sag-2004-127
Ichsan, M. (2016). PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN ILMU MENGAJAR. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling. https://doi.org/10.22373/je.v2i1.691
Indira, W., Ayu, I. D., & Tantri, M. (2020). Penyadaran Protokol Kesehatan Dan Pelestarian Budaya Selama Pandemi Melalui Kegiatan KKN di Desa Ped Nusa Penida. SEGARA WIDYA: Jurnal Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat.
Kabeakan, N. (2019). Deskripsi Karakteristik Konsumen dan Pengaruh Faktor Internal Terhadap Keputusan Pembelian Beras Merah di Kota Medan. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan.
Kapantouw, C., & Mandey, S. (2015). Pengaruh sikap, norma subyektif, dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian handphone asus di gamezone computer mega mall manado. Jurnal EMBA.
Keren, K., & Sulistiono, S. (2019). Pengaruh Motivasi, Budaya, dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indomie. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan. https://doi.org/10.37641/jimkes.v7i3.284
Khasanah, Siti Winda Miftachul . Sudarwanto, T. . (2021). PENGARUHHARGADAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HAND SANITIZER DETTOL SECARA ONLINEPADA MASA PANDEMI COVID-19DI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 3(1).
Khasanah, M. (2016). Faktor–faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian busana muslim (studi kasus pada butik muslim Sofie Fashion Semarang).
Komsi, K. (2013). Analisis Pengaruh Faktor Eksternal dan Internal terhadap Minat Berwirausaha. Proceeding PESAT.
Kotler, P. (2017). Philip Kotler: some of my adventures in marketing. Journal of Historical Research in Marketing. https://doi.org/10.1108/JHRM-11-2016-0027
Kotler, P. & K. L. K. (2011). Manajemen pemasaran jilid 1, edisi Ketiga belas, Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Kotler & Armstrong, Principles of Marketing | Pearson. In Pearson.
KURNIA SARI, A. (2013). Pengaruh Citra Merek dan Keluarga terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM).
Latief, S., & Jamil, D. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Persepsi Siswa Tentang Cara Guru Mengajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika.
Layyin, F. F. (2012). Analisis kelompok acuan terhadap keputusan pembelian: Studi pada konsumen sepeda motor Yamaha di Kota Malang.
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630
M.Anang Firmansyah, (87). (2019). PERILAKU KONSUMEN (Sikap dan Pemasaran). PERILAKU KONSUMEN (Sikap Dan Pemasaran) Oleh Dr. M.Anang Firmansyah, S.E.,.
Maharani, N. (2015). Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Produk Iphone Di Bandung. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Performa).
Mahmood, A., Eqan, M., Pervez, S., Alghamdi, H. A., Tabinda, A. B., Yasar, A., Brindhadevi, K., & Pugazhendhi, A. (2020). COVID-19 and frequent use of hand sanitizers; human health and environmental hazards by exposure pathways. Science of the Total Environment. https://doi.org/10.1016/j.scitotenv.2020.140561
Maulana, M. F., Nawangsih, & Sulistyan, R. B. (2019). Pengaruh Persepsi Konsumen dan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana IM3. Jurnal Riset Manajemen.
Maulana, Y. S., & Alisha, A. (2020). Inovasi Produk dan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Restoran Ichi Bento Cabang Kota Banjar). Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis. https://doi.org/10.35314/inovbiz.v8i1.1313
Meher, C. (2021). GAMBARAN PERILAKU MASYARAKAT KOTA MEDAN TERKAIT PELAKSANAAN PROTOKOL KESEHATAN COVID 19. Jurnal Kedokteran STM (Sains Dan Teknologi Medik).
Meri, Khusnul, Suhartati, R., Mardiana, U., & Nurpalah, R. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Penggunaan Hand Sanitizier dan Masker Sebagai Upaya Preventif Terhadap Covid-19. Bantenese - Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.30656/ps2pm.v2i1.2340
Nasikan, & Sasmito, B. A. (2013). Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Keputusan Pembelian Telepon Selular Merk Nokia. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi.
Nasution, D. A. D., Erlina, E., & Muda, I. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita. https://doi.org/10.22216/jbe.v5i2.5313
Novi Afrianti, C. R. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Masyarakat Terhadap Protokol Kesehatan Covid-19. Jurnal Ilmiah STIKES Kendal.
Purboyo, & Huda, N. (2018). Pengaruh Faktor Eksternal, Internal dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor di Banjarmasin. Jurnal Wawasan Manajemen.
Putri Arizona, N. A. D. Y. A. (2021). PENGARUH KESADARAN MEREK DAN PERSEPSI KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN YANG DIMEDIASI OLEH CITRA MEREK PRODUK HAND SANITIZER ANTIS (Studi Kasus Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa/i STEI Rawamangun Jakarta).
Putri, N. A., AY, B., & Sarsono, S. (2021). CITRA MEREK, KEPERCAYAAN MEREK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HAND SANITIZER DETTOL PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI LUWES GENTAN (Brand Image, Brand Trust, And Product Quality To Purchase Decision For Dettol Hand sanitizer During-19 Pande. JURNAL EKBIS. https://doi.org/10.30736/je.v22i1.698
Romadhoni, M. (2013). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Sepatu Nike Pada Mahasiswa FIK UNY. Journal of Chemical Information and Modeling.
Sahumena, M. H., Mistriyani, M., Ruslin, R., Aba, L., & Syahbuddin, S. (2020). PENGUATAN PERAN MASYARAKAT DALAM MITIGASI DAN ADAPTASI TERHADAP WABAH COVID-19 DI KABUPATEN BUTON. Anoa : Jurnal Pengabdian Masyarakat Sosial, Politik, Budaya, Hukum. Ekonomi. https://doi.org/10.52423/anoa.v1i3.13244
Santoso, D. T. T., & Purwanti, E. (2014). Pengaruh faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen dalam memilih produk operator seluler Indosat-M3 di Kecamatan Pringapus Kab. Semarang. Among Makarti, 6(2).
Saputra, R., & Semuel, H. (2013). Analisa Pengaruh Motivasi, Persepsi, Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Xenia di Sidoarjo. JURNAL MANAJEMEN PEMASARAN.
Sari, A. (2015). Model Komunikasi Keluarga pada Orangtua Tunggal (Single Parent) dalam Pengasuhan Anak Balita. Avant Garde.
Severo, E. A., De Guimarães, J. C. F., & Dellarmelin, M. L. (2021). Impact of the COVID-19 pandemic on environmental awareness, sustainable consumption and social responsibility: Evidence from generations in Brazil and Portugal. Journal of Cleaner Production. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2020.124947
Suharto. (2016). Pengaruh Budaya Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Variabel Sosial Dan Pribadi Sebagai Mediasi Produk Air Minum Kemasan. Derivatif.
Sunarto. (2018). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Xiaomi Redmi 3S. Jurnal Moneter.
Sutiana, E. P., Sari, R. F., & Sudrajat, A. (2021). PENGARUH KELOMPOK REFERENSI DAN BUDAYA TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI ANGGOTA SANGGAR TARI. Eqien: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 71–77.
Varghese, G., John, R., Manesh, A., Karthik, R., & Abraham, O. (2020). Clinical management of COVID-19. In Indian Journal of Medical Research. https://doi.org/10.4103/ijmr.IJMR_957_20
Widyastuti, P. (2020). Analisis Keputusan Pembelian : Fenomena Panic Buying Dan Service Convenience ( Studi Pada Grocery Store Di Dki Jakarta ). Proceeding SENDIU.
Widyastuti, P., & Alwani, A. (2018). PERAN COMMUNITY ADVICE SEBAGAI PEMODERASI DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa. https://doi.org/10.25105/jmpj.v11i1.2496
Yenti Sumarni. (2020). Pandemi Covid-19: Tantangan Ekonomi Dan Bisnis. Al Intaj: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah.
Yuliastri, W. O., Zulbayu, L. O. M. A., Isrul, M., Hasanuddin, S., & Lolok, N. (2020). Edukasi Penggunaan Hand sanitizer Dan Cairan Desinfektan Untuk Pencegahan Penyebaran Covid-19 Di Wilayah Desa Talia Kecamatan Abeli Kota Kendari. Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.35311/jmpm.v1i2.15
Yuniarti, Y. (2015). Pengaruh Kelompok Acuan dan Keluarga terhadap Keputusan Pembelian Batik Jambi di Kota Jambi. Jurnal Penelitian Universitas Jambi: Seri Humaniora.