THE INFLUENCE OF MORAL OBLIGATIONS, SERVICE QUALITY, TAX AUDIT AND TAX SANCTIONS ON PERSONAL TAXPAYER COMPLIANCE

Main Article Content

Yasril Ananta Mawardi
Tenriwaru Tenriwaru
Bahar Sinring

Keywords

Moral Obligation, Service Quality, Tax Sanctions, Taxpayer Compliance

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of moral obligations, service quality, tax audits and tax sanctions on personal taxpayer compliance at North Makassar Pratama Tax Service Office. The population of this research is taxpayers who are registered at KPP Pratama North Makassar, the sample is determined based on purposive sampling which is calculated using the slovin formula of 100 respondents. The data used in this research is primary data. The data collection technique uses a questionnaire which is distributed to taxpayers registered at North Makassar Pratama Tax Service Office. The results of the study show that moral obligation, service quality, tax sanctions affect taxpayer compliance.

Abstract 220 | PDF Downloads 0

References

Augustine, Yvonne; dan Kristaung, Robert. 2013. Metodologi Penelitian Bisnis dan Akuntasi. Penerbit Dian Rakyat. Jakarta
Devano, S. dan Rahayu, S. K. 2006. Perpajakan Konsep, Teori dan Isu. Jakarta: Prenada Media.
Djoned Gunadi M ,2005, Administrasi Pajak, Jakarta : BPPK DEPKEU RI
Ferdinand, Augusty. 2006. Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang
Fikriningrum, Winda Kurnia. 2012. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Memenuhi Kewajiban Membayar Pajak”.
Fishbein, M., & Ajzen, I. 1975. Belief, Attitude, Intention and Behavior : An Introduction to Theory and Research. New Jersey: Prentice Hall.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hair et al., (1998), Multivariate Data Analysis, Fifth Edition,Prentice Hall, Upper Saddle River : New Jersy.
Harjanti Puspa, 2012. “Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak,Pelayanan Fiskus dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribad yang melakukan kegiatan usaha dan pekerjaan bebas di KPP Pratama Cilacap”. Skripsi Universitas Diponegoro. Semarang.
Indriantoro, Nur., Bambang Supomo, 2009. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen, Edisi Pertama. Yogyakarta : BPFE Yogyakarta
Jatmiko, A.N. 2006. Pengaruh Sikap Wajib Pajak pada Pelaksanaan Sanksi Denda, Pelayanan Fiskus dan Kesadaran Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Semarang),(Online), (http://eprints. undip.ac.id/15261/1/Agus_Nugroho_ Jatmiko.pdf/, diakses 16 Desember 2016).
Marjan, Restu Mutmainnah, 2014.Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Formal Wajib Pajak pada KPP Pratama Makassar Selatan,(Online), http://repository.unhas.ac.id/ bitstream/handle/123456789/10227/SKRIPSI
Muliari, Ni Ketut dan Putu Ery Setiawan, 2011. “Pengaruh Persepsi Tentang Sanksi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Denpasar Timur”, Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, Volume 6 Nomor 1
Mory, Septia, 2015. “Pengaruh Pelayanan Fiskus, Sanksi Perpajakan, Sosialisasi Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak dan Kondisi Keuangan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang melakukan kegiatan usaha dan pekerjaan bebas pada KPP Pratama Tanjung Balai Karimun. Jurnal Skripsi Ekonomu Universitas Martitim Raja Ali Haji, Tanjung Pinang.
Noor, Juliansyah, 2011. Metodologi Penelitian :Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana
Oktaviane Lidya Winerungan, 2013. Sosialiasai Perpajakan, Pelayanan Fiskus Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan WPOP di KPP Manadodan KPP Bitung. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi,Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Emba Vol.1No.3September 2013,hal 960-970
Rahayu, Siti Kurnia, 2010. Perpajakan Indonesia : Konsep dan Aspek Moral,Graha Ilmu, Yogyakarta. Santi, A. N. 2012. Analisis Pengaruh kesadaran Perpajakan, Sikap Rasional, Lingkungan, Sanksi Denda, dan Sikap Fiskus Terhadap kepatuhan Wajib Pajak, (Online), (http:// eprints. undip.ac.id/35025/1/ Skripsi_01.pdf, diakses 17 November 2013).
Sri Rizki Utami dan Ayu Noorida Soerono.2012.Pengaruh Faktor-Faktor Eksternal Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Di Lingkungan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Serang.Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis 2012.
Sugiyono, 2006, Statistika Untuk Penelitian, Cetakan Ketujuh, Bandung: CV.Alfabeta. Sutari 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Membayar Pajak Sebagai Perwujudan Masyarakat Madani. Prosiding Seminar Nasional 2013. ISBN: 978-979-98438-8-3.
Tarjo dan Indra K. 2006. “Analisis Perilaku Wajib pajak Orang Pribadi terhadap Pelaksanaan Self-Assesment System: Suatu Studi di Bangkalan”. JAAI Vol.10, No. 1, Juni: 101-120.