PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, PROFITABILITAS DAN PERUBAHAN LABA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Main Article Content

Hermina Lima Baha

Keywords

Ukuran Perusahaan, Institutional Ownership, Profitability, Perubahan Laba, Nilai Perusahaan

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of firm size, institutional ownership, profitability, and earnings changes on firm value in the food and beverage subsector listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) for the 2017-2019 period. The population used in this study were 31 companies. While the sample used as many as 16 companies selected by using purposive sampling technique. Multiple linear regression analysis technique is the analysis technique used in this study. Based on the result of the analysis, firm size, institutional ownership, profitability, and earnings changes have a positive effect on firm value.

Abstract 7 | PDF Downloads 0

References

Ang, R. (1997). Buku Pintar Pasar Modal Indonesia. Jakarta: Mediasoft Indonesia.

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2001). Manajemen Keuangan. Buku 1 Edisi 8. Jakarta: Erlangga.

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2006). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Buku 1 Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2010). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Buku 1 Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2011). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Chen, L. J., & Chen, S. Y. (2011). The Influence of Profitability on Firm Value with Capital Structure as the Mediator and Firm Size and Industry as Moderators. Investment Management and Financial Innovations Journal, 8(3), 121-129.

Damayanti, N., & Suartana, I. (2014). Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 9(3), 575-590.

Dewi, L. S., & Abundanti, N. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Kepemilikan Institusional, dan Kepemilikan Manajerial terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen, 8(10), 6099-6118.

Euis, S., & Taswan, S. (2002). Pengaruh Kebijakan Hutang terhadap Nilai Perusahaan serta Beberapa Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Bisnis & Ekonomi, 9(2).

Fitriyah, F. K., & Hidayat, D. (2011). Pengaruh Kepemilikan Institusional, Set Kesempatan Investasi, dan Arus Kas Bebas terhadap Kebijakan Hutang Perusahaan. Media Riset Akuntansi, 1(1).

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Edisi Kelima. Semarang: Universitas Diponegoro.

Gill, A., & Obradovich, J. (2012). The Impact of Corporate Governance and Financial Leverage on the Value of American Firms. International Research Journal of Finance and Economics.

Harahap, S. S. (2016). Analisis Kritis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hermuningsih, S. (2012). Pengaruh Profitabilitas dan Size terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktrur Modal sebagai Variabel Intervening. E-Jurnal Siasat Bisnis, 16(2), 232-242.

Hery, S. E. (2017). Teori Akuntansi: Pendekatan Konsep dan Analisis. Jakarta: Grasindo.

Jogiyanto, H. (2008). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Kelima. Yogyakarta: BPFE.

Jogiyanto, H. (2010). Metodologi Penelitian Bisnis. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Kasmir. (2012). Manajemen Perbankan (Edisi Revisi). Cetakan ke-10. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kusumawati, R., & Sudento, A. (2005). Analisis Pengaruh Profitabilitas (ROE), Ukuran Perusahaan (Size), dan Leverage Keuangan (Solvabilitas) terhadap Tingkat Underpricing pada Penawaran Perdana (Initial Public Offering/IPO) di Bursa Efek Jakarta. Utilitas, 13(1), 93-110.

Mardiastanto, F., Raharjo, K., & Oemar, A. (2016). Pengaruh Insider Ownership, Profitabilitas, Kebijakan Hutang, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2013). Journal Of Accounting, 2(2).

Martini, M., & Monica, M. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perubahan Laba pada Perusahaan Kosmetik dan Rumah Tangga Industri Subsektor dan Perusahaan Retail Service Perdagangan Subsektor Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015. Jurnal Lentera Akuntansi, 2(2), 48-60.

Maspupah, I. (2014). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Tanggungjawab Sosial Perusahaan, Kepemilikan Institusional, Pertumbuhan Penjualan, dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Properti Periode 2009-2012). UIN Sunankalijaga Yogyakarta.

Pagalung, G. (2008). Agency Theory dalam Pemerintahan Daerah.

Pramana, I., & Mustanda, I. (2016). Pengaruh Profitabilitas dan Size terhadap Nilai Perusahaan dengan CSR sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Manajemen, 5(1).

Pramono, T. D. (2015). Pengaruh Current Ratio, Working Capital to Total Assets, Debt to Equity Ratio, Total Assets Turnover, dan Profit Margin terhadap Perubahan Laba. Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi, 11, 345-352.

Rachmawati, A., & Triatmoko, H. (2007). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Laba dan Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi X Makassar.

Rudangga, I. G., & Sudiarta, G. M. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen, 5(7).

Sofyaningsih, S., & Hardiningsih, P. (2011). Struktur Kepemilikan, Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, dan Nilai Perusahaan. Jurnal Dinamika Keuangan dan Perbankan, 3(1), 68-87.

Stice, E. K., Stice, J. D., & Skousen, K. F. (2010). Intermediate Accounting. 17th Edition. Australia: South-Western.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharli, M. (2006). Studi Empiris terhadap Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Go Public di Indonesia. Jurnal Maksi, 6(1).

Sujoko, & Soebiantoro, U. (2007). Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Leverage, Faktor Intern dan Faktor Ekstern terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 9(1), 41-48.

Tarjo, T. (2008). Pengaruh Konsentrasi Kepemilikan Institusional dan Leverage terhadap Manajemen Laba, Nilai Pemegang Saham serta Cost of Equity Capital. Simposium Nasional Akuntansi XI. Pontianak.

Watts, R. L., & Zimmerman, J. L. (1990). Positive Accounting Theory. The Accounting Review, 65(1), 131-156.

Wulandari, N. M. I., & Wiksuana, I. G. B. (2017). Peranan Corporate Social Responsibility dalam Memoderasi Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana.

Wulandari, S. (2018). Pengaruh Pertumbuhan Laba, Size, Leverage, Investment Opportunity Set, dan Good Corporate Governance terhadap Kualitas Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2013-2015). Universitas Muhammadiyah Surakarta.